Kamis, 02 Februari 2017

Penyebab, Gejala Serta Biaya Operasi Usus Buntu

Sudah ada yang tau Biaya Operasi Usus Buntu?

Salah satu gangguan yang sering mengganggu sistem pencernaan adalah peradangan usus buntu. Penyakit ini dalam bahasa medis disebut dengan Appendicitis. Apabila mengalami penyakit yang demikian cara untuk mengobatinya adalah melalui operasi. Namun sudah tahukah anda berapa biaya operasi usus buntu ini? Apabila belum mengetahuinya sebaiknya simak ulasan mengenai info penyakit usus buntu serta biaya yang harus dikeluarkan apabila mengambil tindakan operasi.


Sebelum membicarakan biayanya alangkah eloknya mengetahui penyebab munculnya penyakit usus buntu. Banyak pakar mengatakan jika usus buntu disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya menelan biji-bijian yang susah dicerna usus, terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan, sering menahan buang air besar dan masih banyak lagi faktor lainnya. Namun pada intinya penyebab utama usus buntu adalah penyumbatan sisa-sisa makanan yang terdapat pada usus. Penyumbatan sisa-sisa makanan inilah yang akhirnya membuat usus meradang.

Sebenarnya penyakit usus buntu ini tidak datang secara tiba-tiba. Ada beberapa gejala yang bisa diketahui dan diwaspadai. Beberapa gejala usus buntu antara lain: 
  • Perut merasa sangat nyeri terutama pada bagian dekat pusar. Nyeri sangat kuat dan tidak seperti nyeri yang ditimbulkan akibat terlambat makan.
  • Sering mual dan merasa tidak nyaman saat makan.
  • Demam yang tinggi dan disertai dengan sakit perut. Sakit perut ini tidak terasa seperti saat ingin buang air besar. Tetapi lebih mengarah pada sakit perut yang melilit.
  • Perut terasa kembung. Ini disebabkan karena usus tidak bisa mengeluarkan sampah-sampah makanan. 
Jika mengalami tanda-tanda seperti diatas sebaiknya perlu waspada dan segeralah periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Hal ini untuk meminimalisir semakin parahnya peradangan usus yang terjadi.

Bila positif terjadi peradangan usus buntu maka Anda akan disarankan untuk dioperasi. Biaya untuk melakukan operasi usus buntu juga terbilang standar. Berkisar antara Rp 7 juta rupiah hingga Rp 15 juta rupiah. Tergantung dari jenis perawatan yang dipilih. Biaya sebesar itu belum termasuk dengan jasa perawatan dokter, kamar inap dan obat-obatannya. Setelah dioperasi pasien juga diwajibkan untuk kontrol secara rutin hingga benar-benar dinyatakan sembuh oleh dokter. Ingin lebih ringan saat membayar? Gunakan asuransi yang dimiliki sehingga sebagian biaya perawatan bisa ditanggung oleh pihak asuransi.


Tak perlu takut melakukan tindakan operasi karena dengan cara tersebutlah penyakit radang usus buntu bisa diatasi. Jangan menunda operasi apabila sudah disarankan oleh dokter. Menunda operasi bisa membuat radang usus buntu yang dialami bertambah parah. Bahkan bisa jadi menimbulkan kanker usus. Mengerikan sekali bukan? Jika sudah dioperasi jagalah pola hidup agar tetap sehat sehingga penyakit ini tak timbul lagi. Demikian informasi mengenai gejala, penyebab dan biaya operasi usus buntu. Semoga bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar